Rental Mobil Murah
Antar Jemput KNO-Medan dan Sekitar dengan layanan profesional, aman dan nyaman. Hub: 085261463206
Promo Tour Wisata
Dapatkan penawaran Special dari kami di bulan ini... Hub Sekarang Juga!
Selamat Datang
Selamat datang di situs zikmaltranswisata.com Salam Sukses Selalu untuk Anda
085261463206
085261463206
24CB9222

Mengemas Kesenian Daerah Jadi Destinasi Wisata

Sunday, September 13th 2020.

Potensi wisata yang ada di negara Indonesia sangat banyak sekali jumlahnya. Saking banyaknya, susah untuk menghitung. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, seni dan budaya, wisata religi, wisata edukasi dan lain – lain. Semua sudah tersedia dan tinggal mengeksplorenya lebih baik lagi.

Setiap destinasi wisata memiliki ciri khas masing – masing yang bisa menjadi keunggulan tersendiri dalam menarik perhatian turis dari luar negeri untuk berbonodng – bondong datang ke Indonesia.

Jika kedatangan turis menjadi suatu harapan, maka Indonesia harus segera berbenah diri. Jangan sampai jumlah pengunjung dari luar negeri mengalami penuruanan karena bosan dengan tempat wisata yang begitu – begitu saja. Ada banyak cara untuk berbenah, mulai dari melakukan evaluasi atas kerja yang selama ini sudah dilakukan atau bisa juga meluaskan potensi – potensi wisata.

Pemandangan laut yang indah (kometoday)

Salah satu potensi wisata yang bisa dibangkitkan untuk menarik wisatawan asing adalah wisata seni dan budaya. Sejarah telah membuktikan bahwa Indonesia kaya akan sejarah nusantara dari kerajaan Majapahit, Sriwijaya sampai dengan kerajaan Islam yang ada di Aceh, Sumatera, Jawa dan daerah lain. Pada wisata seni, Indonesia juga kaya. Alat musik tradisional Indonesia yang jumlahnya banyak bisa dikemas menjadi destinasi wisata. Dan pada saat ini sudah ada daerah yang melakukannya. Namun ukurannya perlu diperhatikan dengan. Atau dalam bahasa pertanyaan yang berbentuk koreksi, “sudah seberapa efektif?”

Sebaiknya negara Indonesia jangan pernah puas dengan pencapaian yang sudah diraih saat ini. Penyakit yang berbahaya jika cepat merasa puas dengan program yang sudah dilaksanakan tanpa mau melakukan evaluasi secara detail dan terukur. Persaingan industri wisata semakin hari semakin sengit. Bukan saja pada objek wisata, namun banyak negara yang banting harga demi negaranya dikunjungi. Sebut saja, banyak orang dayang ke Malaysia karena biaya tiket pesawat yang murah.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengemas kesenian jadi destinasi wisata adalah:

Pertama, kumpulkan para seniman yang peduli dari berbagai latar belakang. Dengarkan apa mau mereka.

Kedua, buat kebijakan yang produktif untuk menyimpulkan program dari pusat sampai daerah.

Ketiga, alokasikan anggaran yang terukur guna menunjang kinerja.

Keempat, berkolaborasi dengan berbagai pihak. Secara singkat, kolaborasi bisa dilakukan dengan baik antar pihak – pihak terkait, seperti maskapai penerbangan, hotel dan penginapan, alat transportasi darat, pemandu wisata dan lain – lain.

Jika dilakukan dengan niat yang benar dan sering mengadakan evaluasi, kesuksesan hanya menunggu waktunya saja.